3/26/2012

Cara Mengobati Dan Ciri-ciri Sengatan Serangga Tomcat

Cara Mengobati Sengatan Tomcat memang belum banyak orang tahu, karena serangan serangga ini baru akhir-akhir ini muncul di beberapa daerah di Indonesia. Wabah serangga ini kian membuat warga resah, bila terkena cairannya, maka tubuh akan terasa panas dan demam, lalu bagian yang terkena akan melepuh seperti terkena minyak panas, dan jika tidak sesegera mungkin di obati, maka akan menjalar keseluruh tubuh korban.


Wabah tomcat lebih berbahaya dibandingkan wabah ulat bulu yang beberapa waktu lalu sempat di hebohkan. Namun bedanya, tomcat tidak akan mengeluarkan bisa jika tidak dalam posisi berbahaya, dalam arti, serangga ini tidak akan mengeluarkan cairannya jika tidak kejepit atau terinjak oleh bagian tubuh kita. Serangga tomcat dapat hidup di air dan didarat. Serangga ini datang kerumah-rumah karena cahaya lampu, ini sama halnya dengan laron.


Serangga Tomcat atau disebut juga dengan kumbang Paederus tidaklah berbahaya, apalagi hingga menimbulkan kematian. Terhitung dari munculnya serangga ini, belum ada informasi mengenai korban jiwa atas serangan tomcat. Namun, kita perlu mewaspadai dan mengetahui cara pengobatannya.


Di sebuah situs bernama health.nsw.gov.au, menyebutkan bahwa dermatitis atau peradangan pada lapisan kulit bagian atas, ini merupakan dampak yang paling umum. Disebutkan juga bahwa, toksin pada serangga ini memang akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit manusia, namun efeknya berbeda-beda seperti hanya akan menimbulkan ruam pada kulit, kulit gatal, rasa panas seperti melepuh atau layaknya terkena luka bakar, keluarnya cairan atau juga efek yang lebih fatal, karena bergantung pada kondisi tubuh setiap orang.

Cara mengatasi bila terserang serangga yang satu ini, anda tidak perlu panik, dan jangan dibiarkan berlama-lama. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat anda jadikan pertolongan pertama, yakni sebagai berikut:

1. Bila terkena, Anda cukup untuk membersihkan bagian tubuh yang tersengat dengan air dan sabun. Hal ini dilakukan untuk menetralisir racun agar tidak menyebar.

2. Selanjutnya, Anda kompres dengan menggunakan air dingin, untuk menghilangkan panas serta demam.

3. Jika terlihat ruam pada kulit yang tersengat tomcat, Anda dapat menggunakan bagian dalam dari lidah buaya. Hal ini bertujuan untuk meringankan gejala di daerah kulit yang tersengat.

4. Jika hal tersebut sudah dilakukan, dan tidak kunjung sembuh, maka segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Nah, jika anda memiliki sahabat didaerah yang terkena wabah Tomcat, kirimkan informasi ini untuk dapat membantu mereka dari serangan serangga tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut

 
Copyright © 2011. Media Informasi Lengkap . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates