3/12/2012

Manfaat Dari Buah dan Daun Pepaya

Pepaya merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh di daerah tropis, seperti di Indonesia, dan penemu benua Amerika bernama Christopher Columbus menjulukinya sebagai buah dari malaikat. Warna daging buah pepaya pada umumnya berwarna jingga, namun terkadang terdapat cokelat dan kuning. Dalam bahasa latin buah ini disebut juga sebagai Carica Papaya.


Tahukah Anda, buah pepaya sangat kaya akan manfaatnya, selain lezat, pepaya juga kaya akan enzim, vitamin, maupun mineral. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti antioksidan, beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi yang terdapat didalam buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan juga bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol yang sering menempel pada dinding arteri, sehingga menyebabkan hipertensi.

Sementara nutrisi dalam pepaya juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung (kardiovaskular) hingga mencegah kanker. Buah ini juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, kandungan enzim papain didalam buah pepaya juga berkhasiat mempercepat proses pencernaan protein. Enzim ini mampu memecah protein menjadi arginin, dan menguraikan makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino, sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Dan masih banyak lagi manfaat dari buah pepaya ini, diantaranya:
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
- Membantu sistem pencernaan dan mendukung produksi enzim pencernaan,
- Merevitalisasi tubuh dan membantu mempertahankan energi dan vitalitas,
- Mendorong pembaharuan jaringan otot,
- Mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan meredakan peradangan,
- Mencegah pembentukan penyakit katarak pada mata, dan
- Menurunkan resiko emfisema pada perokok aktif dan perokok pasif.

Manfaat pepaya tidak hanya bisa kita dapatkan melalui buahnya, namun hampir dari seluruh bagian tumbuhan ini bisa kita pergunakan. Seperti biji pepaya yang dianggap lebih menyehatkan dibanding buahnya. Konsentrasi bio nutrisi biji pepaya bahkan lebih tinggi dibanding buahnya.


Dan daun pepaya bisa dimanfaatkan sebagai berikut:

Dapat dijadikan sebagai obat jerawat
Masker dari daun pepaya dapat digunakan untuk mengatasi muka jerawatan, hingga untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Caranya, sediakan 2 sampai 3 lembar daun pepaya tua, lalu jemur dan lumatkan dengan setengah sendok air hingga halus. Masker kemudian dapat ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.

Menambah nafsu makan
Rasanya memang pahit, namun daun pepaya memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan pada anak. Cara membuatnya, blender daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, dengan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi diperas dan disaring airnya lalu diminumkan. Niscaya nafsu makan anak akan segera normal.

Melancarkan Pencernaan
Daun pepaya juga sangat baik untuk usus dan mencegah gangguan pencernaan, yakni karena khasiat antibiotik senyawa karpain dalam pepaya. Cara membuatnya, daun pepaya dapat diolah menjadi masakan sesuai selera dan kemudian dikonsumsi, dan kebanyakan orang mengolah daun pepaya dengan mengambil daun mudanya, karena daun mudah lebih lembut.

Sayur Pepaya
Selain bermnafaat seperti yang disebutkan diatas, pepaya juga bisa dijadikan sayur sesuai dengan selera Anda, mulai dari daun, buah muda, dan bunga pepaya. Menurut informasi, akar pepaya dapat dijadikan obat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut

 
Copyright © 2011. Media Informasi Lengkap . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates